30 September 2009

Berbisnis produk Non Yahudi

. 30 September 2009

Bila kita cermat, tidak mudah untuk menemukan produk konsumsi kemasan non yahudi atau yang diproduksi oleh perusahaan yang tidak berafiliasi dengan Negara yahudi, Israel. Hal ini merupakan tantangan tersendiri Alfozmart untuk bisa komitmen hanya menjual produk non Yahudi. Bagaimanapun, tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis yahudi dan produknya nyaris hampir tidak tersaingi. Dengan harga murah dan variannya yang lengkap.

Ketika kita membuka buku yang diterbitkan oleh Media Islamika yang berjudul : "Membongkar Jaringan Bisnis Yahudi di Indonesia." Ternyata ada begitu banyak produk-produk yang beredar dan dikonsumsi masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim adalah produk Yahudi. Beberapa perusahaan baru diakuisisi tahun belakangan.

Persoalan lainnya adalah produk-produk lokal baik secara mutu maupun jumlah tidak cukup bisa mengimbangi. Otomatis, tidak banyak supplier atau penyedia barang yang bisa menyediakan produk halal dan baik (plus non yahudi) yang memenuhi persyaratan masuk di alfozmart.

Peluang yang mungkin adalah memberikan ruang yang cukup dan menyediakan pasar bagi para pebisnis lokal (umumnya UMKM) yang memiliki produk berkualitas. Seperti yang dilakukan Distributor Alfoz melalui jaringan bisnis muslim teranyar, Arafah Business Community. Sekaligus merespons keprihatinan presiden Arafah Business Community : "Percuma, kita rame-rame demo boikot produk Yahudi, kalau ternyata produk-produk konsumsi yang digunakan seluruh anggota keluarga di rumah adalah produk Yahudi. Apakah kita akan mengatakan 'Kalian boikotlah produk Yahudi, tapi biarkan kami tetap menggunakannya.' Terbukti, Kalau kita menyempatkan ke belakang dan masuk ke kamar mandi keluarga muslim itu, masih banyak ditemukan produk-produk keluaran perusahaan yang berafiliasi dengan perusahaan milik orang-orang Yahudi atau pen-support negara Yahudi, Israel."

Manager distributor Alfoz – Solo, Sigid Haryo Seno yang pernah 10 tahun di Hypermart secara terbuka memberikan kesempatan dan penawaran kepada para distributor atau suplier untuk memasok produknya di seluruh jaringan koperasi binaan ABC dan alfozmart. Berkantor di Arafah Syariah Square, Jl. Lurik 17 Ngruki Solo, beliau secara aktif menyambangi koperasi-koperasi daerah dan pelaku UMKM sekedar berbagi pengalaman atau bekerja-sama dalam hal pemberdayaan perekonomian umat.